SMPN 1 Asembagus melaksanakan Penilaian Tengah Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024

            Penilaian Tengah Semester sebagai bentuk ujian pertengahan semester 2 ini di SMP Negeri Asembagus telah dilaksanakan pada tanggal 18-23 Maret 2024. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh kelas 7, 8, dan 9. Para siswa tampak antusias dalam mengikuti ujian ini. Ujian kali ini ditempatkan dalam 27 kelas. Kelas yang terdapat di dalamnya diacak sesuai ketentuan panitia. Yakni, kelas 7 bisa saja duduk bersebelahan dengan kelas 8. Hal ini dilakukan agar para siswa lebih disiplin untuk mengikuti ujian ini.

Pengawas ruang setiap hari bahkan setiap pelajaran pun berganti. Pengawas ruang terdiri dari para guru. Para guru pun melaksanakan kewajibannya dalam hal mengawasi siswa-siswinya. Para guru mengawasi dalam hal pelaksanaan ujian, mengecek kartu peserta, dan lain-lain.

Durasi ujian ini adalah 90 menit dengan soal pilihan ganda dan essay. Soal tersebut dari guru mata pelajaran mereka masing-masing. Kesukaran soal pun disesuaikan dengan durasi waktu yang disediakan. Bahkan, siswa-siswi bersemangat dalam mengerjakan soal tersebut hingga tidak mendengarkan bel selesai ujian berbunyi.

Setiap hari terdiri dari dua mata pelajaran yang harus diujikan. Mata pelajaran yang diujikan pun setiap hari diatur sedemikian rupa agar siswa-siswi tidak berat dalam hal belajar. Sehingga, menjadi imbang dalam belajar untuk ujian yang diujikan kepada mereka.

Beberapa siswa ada yang tidak mengikuti ujian tersebut dikarenakan sakit. Para siswa yang sakit, harus mengikuti ujian susulan ketika mereka telah sembuh. Mulai tanggal 25 Maret 2024, siswa telah melakukan ujian susulan. Mereka ditempatkan dalam kelas khusus yang dijaga oleh pengawas ruang demi ketenangan mereka dalam mengerjakan soal ujian.